Hindari Sedini Mungkin Mengkonsumsi Sayuran Mentah

Hindari Sedini Mungkin Mengkonsumsi Sayuran MentahBelakangan ini banyak orang lebih suka mengkonsumsi sayuran yang belum dimasak atau dipanaskan alasannya lebih menyehatkan nutrisi serta enzim bermanfaat yang dikandung makanan tersebut masih utuh dan tak rusak oleh pemanasan dalam proses masak.

Apakah Anda tahu jika dibalik alasan kesehatan tersebut, terdapat risiko lain yang malah mengancam kesehatan pelaku diet raw food. Sebuah penelitian oleh Birmingham City University menemukan fakta bahwa ternyata ada beberapa jenis sayur yang tidak aman jika dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Dilansir oleh laman dailymail, Mel Wakeman yang menjadi nutrisionis dan bekerja di universitas tersebut menyebutkan jenis sayur seperti tomat, bayam, wortel, jamur serta asparagus akan jauh lebih sehat jika dimasak lebih dahulu sebelum dikonsumsi. Alasannya, serat yang dimiliki oleh tumbuhan sering menjadi pengikat dari berbagai mineral yang dikandung sayuran tersebut.

“Sementara proses pemasakan yang menghasilkan panas membantu untuk melepaskan mineral tersebut dan kemudian memberikan manfaat pada tubuh. Sebagai contoh, proses pemasakan malah akan meningkatkan proses pelepasan likopen dalam tomat sehingga dapat mengurangi risiko kanker prostat,” jelas Wakeman.

Demikian juga yang dialami bayam, ia banyak mengandung oksalat, zat besi serta kalsium. Proses pemanasan sejenak akan membantu melepaskan berbagai mineral tersebut sehingga mudah diserap tubuh. Yang perlu dilakukan adalah jangan terlalu lama membiarkan sayuran dalam pemanasan. Ini yang akan membuat nutrisinya rusak serta hilang.