Cara Terbaik Mengontrol Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Cara Terbaik Mengontrol Kadar Kolesterol Dalam TubuhPembentukan dinding sel dan bahan baku beberapa hormon sangat dipengaruhi oleh kadar kolestrol yang seimbang dalam tubuh. Namun ketika kadar kolestrol dalam tubuh tidak terkontrol dengan baik dan melebihi normal maka dapat meningkatkan resiko beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol normal harus dibawah 200 mg/dl. Kadar kolesterol dapat meningkat akibat beberapa faktor, yang utama adalah asupan makanan yang tidak terjaga.

Terbentuknya kolesterol, karena asupan makanan hewani yang kita konsumsi seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju dan susu. Oleh sebab itu, kelebihan makanan tersebut dapat memicu naiknya kadar kolesterol. Selain mengontrol makanan, ada beberapa cara terbaik yang dapat Anda coba untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh Anda, seperti diuraikan berikut ini.

Pemeriksaan Kadar Kolestero

Loading...

Apakah sekarang ini Anda sudah tahu kadar kolesterol yang terkandung dalam tubuh Anda? Sebaiknya Anda harus mengetahui dulu secara pasti berapa kadar kolesterol Anda saat ini. Untuk itu, Anda perlu melakukan pengecekan kadar kolesterol dalam tubuh yang dapat dilakukan di instansi kesehatan. Kadar kolesterol normal adalah sebagai berikut :

  • Kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) sebaiknya di atas 60 mg/dL.
  • Kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) sebaiknya di bawah 100 mg/dL.
  • Trigliserida sebaiknya kurang dari 150 mg/dL.
  • Total kolesterol sebaiknya di bawah 200 mg/dL.

Menjaga Kestabilan Berat Badan

Menjaga dan mengendalikan berat badan merupakan hal utama yang harus Anda lakukan agar kadar kolesterol dalam tubuh dapat terjaga. Sebab berat badan yang berlebih akan lebih cenderung mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak. Oleh sebab itu, pastikan berat badan Anda berada di batas normal (ideal) atau tidak kegemukan.

Olahraga Rutin

Rajinlah melakukan olahraga minimal sekitar 30 menit sehari dan itu sangat efektif mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Lakukan olahraga ringan yang Anda sukai. Bisa jogging, berjalan-jalan, bersepeda, berenang atau olahraga lainnya.

Konsumsi Lemak yang Baik

Setelah Anda melakukan pemeriksaan dan ternyata kadar kolesterol dalam tubuh Anda melebihi batas normal, kini saatnya Anda untuk memilih makanan dengan kandungan lemak yang baik. Lemak yang baik dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Makanan dengan kandungan lemak yang baik dapat kita temui pada kacang-kacangan, selai kacang, avokad, minyak zaitun dan lain-lain. Selain itu Anda juga dapat mengurangi atau mengganti konsumsi lemak hewani dengan lemak nabati. Perbanyak juga konsumsi buah dan sayur yang kaya serat.

Penuhi Kebutuhan Vitamin

Untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, tidak ada salahnya jika Anda memenuhinya dengan mengkonsumsi vitamin. Hal ini akan mencukupi kebutuhan dasar nutrisi dan menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Pilih vitamin yang mengandung asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Pola Makan dan Gaya Hidup yang Baik

Makanlah secara teratur setiap harinya dengan asupan makanan yang baik dan bebas lemak jahat. Kurangi makanan yang mengandung minyak seperti gorengan dan ganti dengan makanan yang dimasak dengan cara lain seperti dikukus atau direbus. Selain itu, mulailah melakukan gaya hidup yang sehat. Jika Anda merokok maka segera hentikan agar perubahan semakin signifikan.

Dengan melakukan berbagai upaya diatas secara serius maka kolesterol Anda dapat berkurang, terkontrol, tidak melebihi batas kadar kolesterol normal. Sehingga Anda terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke yang selalu mengintai.