Mengatasi Masalah Nafas Berbau Tidak Sedap Saat Berpuasa

Mengatasi Masalah Nafas Berbau Tidak Sedap Saat BerpuasaSaat seseorang melakukan puasa apakah puasa sunnah atau wajib seperti dibulan ramdahan seperti ini, salah satu tantangan saat berpuasa adalah masalah bau mulut. Ini wajar terjadi karena orang yang berpuasa tidak menyentuh minuman selama satu hari penuh. Lalu, bagaimana solusi agar mulut tidak terlalu bau saat berpuasa? Berikut penjelasan selengkapnya yang diberikan oleh setengah baya cara mengatasi nafas baerbau tidak sedap saat berpuasa.

Saat berpuasa, produksi saliva atau kelenjar air liur akan menurun secara drastis. Oleh sebab itu, maka produksi saliva yang menurun inilah yang membuat bakteri di mulut menjadi meningkat. Kata drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent, MDSc., minimnya produksi kelenjar air liur ini membuat kesegaran mulut menjadi tidak terjaga. Sehingga orang yang berpuasa tidak bisa menghindari bau mulut yang muncul saat bulan puasa.

Menambah Jadwal Sikat Gigi

Loading...

Biasanya untuk menyikat gigi, dibutuhkan tiga kali sehari semalam saat mandi pagi, mandi sore, dan malam sebelum tidur, saat melakukan puasa, sebaiknya dirubah minimal lima kali sehari. Ini berguna untuk mengurangi bau dan memberi kesegaran pada mulut kita. Untuk menghindari bau mulut saat puasa, dianjurkan untuk menyikat gigi setelah berbuka puasa, setelah sahur dan sesuai rutinitas biasa, yakni malam sebelum tidur dan pada saat mandi pagi serta sore hari,” ujar drg. Ratu menambahkan. Penambahan jadwal sikat gigi, ampuh untuk menyiasati bau mulut karena orang puasa tidak bersentuhan dengan makanan dan minuman apapun seharian.

Pakai Mouthwash dan Sikat Lidah

Setelah sikat gigi atau di sela-sela puasa, sebaiknya berkumur-kumur pakai mouthwash buat menambah efektivitas menyikat gigi kita. Kenapa kita harus pakai mouthwash? Karena dengan ini bisa membantu menjangkau area-area sempit pada mulut dan gigi. Karena, jika hanya dengan sikat gigi biasa, tidak akan bisa menyentuh area-area sempit tersebut.

Agar lebih baik lagi, drg. Ratu menganjurkan buat menyikat lidah setelah gosok gigi atau kumur-kumur. Menyikat lidah ini berguna untuk menghilangkan kuman yang ada di area lidah karena seringkali kotoran dan kuman yang ada di lidah membuat mulut berbau. Jadi, dengan menyikat lidah tentu bau mulut kita akan berkurang.

Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur dan Buka

Menghindari bau mulut saat puasa dapt juga disiasati dengan meminum air putih dalam jumlah yang lebih dari biasanya pas sahur dan berbuka puasa. Jangan lupa juga untuk makan-makanan yang berserat serta konsumsi buah-buahan agar kesehatan mulut kita terjaga.

Agar mulut tidak berbau, sebaiknya perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur. Kalau biasanya malas untuk minum air putih, sebisa mungkin hilangkan kebiasaan itu. Minum air putih berguna untuk menghilangkan kuman-kuman yang ada di mulut. Jadi, harus perbanyak konsumsi air putih.

Itulah sedikit tips seputar mengatasi masalah nafas berbau tidak sedap saat berpuasa ini dapat menjadi solusi agar nafas tidak sedap hilang seketika dan tentunya membuat nyaman dalam beraktifitas. Tetap semangat dan selamat menjalankan ibadah puasa.