Gejala Penyakit Saat Tidur dengan Keringat Berlebih

Gejala Penyakit Saat Tidur dengan Keringat BerlebihKeringat berlebih saat tidur disebut dengan Sleeping Hiperdrosis atau Night Sweats. Apakah Anda mengalaminya walaupun ruang tidur Anda kondisinya dingin. Tentu kondisi seperti ini mengganggu tidur Anda. Jika betul adanya hal ini bertanda jika terjadi gejala medis pada kesehatan Anda sebaiknya konsultasikan ke dokter terdekat. Namun, sebelum itu beberapa hal berikut ini bisa menjadi kemungkinan penyebab keringat berlebih tersebut terjadi pada Anda.

Idopathic Hiperhidrosis

Saat pemeriksaan medis dan tidak ditemukan penyebabnya ada kemungkinan besar terjadinya msalah keringat berlebih dikarenakan kondisi ruangan atau sedang dalam keadaan stres. Biasanya keringat berlebih muncul di area ketiak dan telapak tangan.

Menopause

Wanita yang akan mengalami menopause biasanya mengalami perubahan hormonal. Salah satu perubahan hormonal inilah yang kemungkinan memicu terjadinya keringat berlebih saat tidur. Keringat berlebih seperti ini bersifat sementara hingga perubahan hormonal kembali normal.

Kadar Gula Darah Rendah

Kadar gula darah yang rendah juga dapat menjadi penyebab keringat berlebih saat tidur. Kejadian ini disebut sebagai  Nocturnal Hypoglycemia. Biasanya keringat berlebih ini disertai dengan mimpi buruk, rasa pening atau sakit kepala saat bangun.

Kelainan Saraf (Neurologis)

Jika terjadi keringat berlebih saat tidur bisa saja merupakan tanda adanya kelainan saraf (neurologis). Karena produksi keringat dikontrol oleh saraf. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya gejala penyakit stroke atau autonomic neuropathy karena terlukanya saraf.

Infeksi

Infeksi juga bisa menjadi penyebab munculnya keringat berlebih saat tidur. Seperti tuberkulosis (TBC), endocarditis(peradangan di katup jantung), osteomyelitis (peradangan tulang), HIV, dan berbagai infeksi bakteri lainnya.

Kanker

Apabila keringat berlebih disertai gejala lain seperti berat bada turun secara drastis atau demam, maka bisa menjadi indikasi adanya gejala kanker dalam tubuh. Kondisi ini tentu bukan kondisi yang sepele sehingga Adna perlu langsung melakukan pemerikasaan untuk memastikannya.

Obat-obatan

Kemungkinan yang bisa juga terjadi adalah karena adanya efek samping dari obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Hal ini tentu terjadi jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu uantuk menyembuhkan penyakit.

Kelainan Hormon

Kelainan hormon juga dapat menjadi penyebab munculnya keringat berlebih kerika tidur. Kelainan hormon tersebut biasanya berupa Pheochomocytoma (kelainan kelenjar adrenal) , Hyperthyroidisim (hormon thyroid berlebih ) dan Carcinoid Syndrome (kelainan hormon pada paru-paru).

Kedelapan penyebab keringat berlebih diatas merupakan kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan kondisi tersebut. Oleh karena itu, jika Anda mengalaminya secara terus menerus dan mengganggu tidur Anda maka sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan mengetahui penyebabnya. Dengan demikian Anda akan dapat mengatasi hal tersebut lebih dini. Namun, jika hanya terjadi sekali saja maka bisa jadi ini tidak berbahaya atau dikarenakan adanya perubahan dalam gaya hidup Anda.