Penyebab Usus Terlipat

penyebab-usus-terlipatUsus terlipat atau biasa disebut invaginasi adalah masalah serius yang dialami oleh orang tubuh manusia pada bagian dalam saluran cerna dimana usus masuk ke dalam usus yang terletak di atasnya yang  menyebabkan usus terlipat.

Melipatnya usus ini disebabkan karena usus terisi oleh udara. Terisinya usus oleh udara ini menyebabkan terjadinya lipatan pada usus. Lipatan usus ini berbahaya karena menyebabkan lipatan pada usus dan menyebabkan sumbatan di usus serta pembuluh darah yang mengelilinginya.

Beberapa hal yang meningkatkan risiko orang yang mengalami usus terlipat yaitu kelainan bentuk usus yang disebabkan oleh masalah genetik serta kondisi sulit BAB. Mereka yang mengalami sulit BAB besar kemungkinan mengalami masalah usus terlipat.

Biasanya pasien yang mengalami usus terlipat ini mengalami gejala nyeri perut yang berat, mual-muntah, perut menjadi kembung, sulit buang air besar, diare berdarah. Selain itu, mungkin terdapat mual-muntah yang hebat dengan cairan hijau. Penanganan penyakit ini harus dilakukan melalui pembedahan.

Sesuai dengan namanya usus terlipat adalah masuknya satu bagian usus ke dalam bagian usus yang lain oleh akibat berbagai sebab. Usus terlipat atau dalam istilah medis sering di sebut sebagai invaginasi atau intussusepsi. Bagian yg masuk disebut intussuseptum dan bagian yang di masuki di sebut intussusepiens.

Penyebab usus terlipat ini belum bisa diketahui namun yang pasti masalah ini sering ditemukan pada bayi yang berusia 5-10 bulan. Namun dapat pula terjadi pada orang yang berusia muda atau tua. Pada pasien dengan usus terlipat ini dapat di lakukan pemeriksaan penunjang dengan melakukan foto polos dengan memasukkan bahan atau zat kontras dari anus.

Tujuannya adalah untuk melihat apakah saat di foto zat kontras dapat masuk kedalam lumen atau lobang yang lebih tinggi. Dengan sedikit tekanan hydrostatik pemberian zat kontras ini malah juga bisa berfungsi sebangai pengobatan karena diharapkan bagian yang masuk bisa kembali dengan spontan.

Apabila Anda khawatir terkena penyakit usus lipat ini, ada baiknya Anda berdiskusi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk melihat bagian usus mana yang terlipat dan bagaimana untuk menanganinya. Semoga bermanfaat.