Bahayanya Minum Dexteem Plus Jangka Panjang

bahayanya-minum-dexteem-plus-jangka-panjangDexteem Plus berguna untuk mengatasi kasus alergi dimana diperlukan terapi dengan kortikosteroid. Alergi merupakan reaksi imunologis (kekebalan tubuh) yang menyimpang, dimana sistem pertahanan tubuh kita memberikan respon yang berlebihan (merusak jaringan lainnya) terhadap bahan dari luar tubuh (alergen) yang sebenarnya tidak membahayakan tubuh.

Alergi tidak diketahui penyebabnya, dan diduga berkaitan dengan faktor keturunan. Namun yang mungkin dapat dikenali adalah pencetusnya; misalnya makanan tertentu, udara dingin, obat, dan mungkin juga disebabkan oleh debu. Manifestasi alergi bervariasi, ada yang berupa gangguan kulit (urtikaria/biduran, dermatitis/eksim), saluran napas (asma, rinitis), saluran cerna, telinga, maupun mata.

Ciri khas dari reaksi alergi adalah muncul seketika begitu terpapar pencetusnya. Reaksi alergi terutama melibatkan sel mast yang melepasan histamin (terutama) dan mediator radang lainnya (prostaglandin, leukotrien). Dari teori di atas,  kesimpulannya adalah yang terbaik untuk penderita alergi adalah sebisa mungkin menghindari pencetusnya.

Dexteem Plus berisi dexamethasone (kortikosteroid yang bekerja sebagai anti radang yang kuat) dan dexchlorpheniramine maleat (anti histamin) merupakan obat untuk mengobati dampak yang ditimbulkan oleh reaksi alergi, tetapi bukan mengobati akar permasalahannya.

Berhubung efek samping penggunaan jangka panjang kortikosteroid cukup serius, maka seharusnya penggunaan obat ini atas pengawasan dokter. Deksametasone yang digunakan jangka panjang dapat menyebabkan pengeroposan tulang (osteoporosis), berhentinya penambahan tinggi badan, kegemukan, gangguan lambung, meningkatnya resiko kencing manis serta darah tinggi. Sedangkan efek samping dexchorpheniramine tidaklah sehebat dexamethasone, misalnya mulut kering, ngantuk, gangguan kencing.

Konsultasikan ke dokter untuk menggunakan antihistamin yang tepat dan bagaimana cara penggunaan kortikosteroid jika dengan upaya yang lain belum dapat mengatasi alergi Anda. Demikian pemaparan kami semoga bermanfaat.