Bahaya Makan Kikil

bahaya-makan-kikilSapi merupakan hewan yang paling banyak digunakan dagingnya dalam berbagai acara apalagi acara besar-besaran seperti hari qurban idul adha. Dalam tubuh sapi ada yang disebut dengan kikil. Inilah yang menjadi pembahasan Kami setenga baya pada kesempatan ini. Adakah bahayanya jika kita makan kikil sapi atau melebihi dari batas wajarnya untuk di konsumsi?

Kikil yaitu susunan yang membungkus tulang kaki ataupun jari-jari kaki sapi tanpa ada bulu-bulu yang menempel diatasnya. Kikil memiliki kandungan protein seperti daging, tetapi bentuk serta susunan kikil berbentuk kolagen. 30 persen dari protein yang ada pada mamalia terbagi dalam kolagen, di mana prosentasi terbesarnya terdapat pada kaki sapi dan juga kikilnya.

Kolagen berbarengan dengan keratin serta elastin berperan membuat susunan pada jaringan untuk menjaga kemampuan serta elastisitas kulit. biasanya kulit digunakan sebagai bahan pembuat barang-barang siap pakai seperti jok motor atau mobil, sebagai bahan sofa, dan sebagai bahan sepatu safety.

Kolagen adalah type protein yang kandungan asam amino essensialnya kurang komplit di banding dengan daging, serta susah untuk diolah badan. Akan tetapi, kandungan seleniumnya cukup tinggi yang berperan sebagai anti-oksidan yang punya pengaruh baik pada kesehatan terlebih menghindar serta tingkatkan kemungkinan terserang penyakit degeneratif.

Kesimpulannya kalau kikil memanglah makanan yang lezat serta nikmat. Lantaran kikil memiliki kandungan selenium serta kalsium yang pastinya begitu berguna untuk kesehatan badan. Namun yang butuh diwaspadai kalau kikil memiliki kandungan cholesterol serta lemak jemu yang cukup tinggi serta itu bakal membawa efek negatik untuk kesesehatan.

Sesaat kikil sulit diolah oleh badan serta kandungan proteinnya kurang komplit. Oleh karenanya bisa mengkonsumsi kikil asalakan tidak selalu sering dan mengkonsumsi seperlunya dan tidak terlalu berlebih, begitu Anda tetaplah dapat makan enak serta kesehatan tetaplah terbangun bukan?

Demikian artikel kami, semoga bermanfaat untuk Anda.