Aneka Khasiat Pare Untuk Kesehatan

SETENGAHBAYA.INFO – Pare atau momordica charantia adalah buah yang memiliki rasa pahit dengan bentuknya yang mirip dengan oyong serta kulitnya tidak keras. Buah pare bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan lalapan, ditumis atau bahan untuk gado-gado.

Khasiat Buah Pare untuk Kesehatan

Meskipun rasanya pahit, buah pare memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah pare mengandung berbagai macam nutrisi, seperti energy, protein, lemak, serat, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan air.

Mengapa buah pare sangat bermanfaat bagi kesehatan? Karena kandungan fitokimia yang dimiliki oleh buah parea seperti saponin, flavonoid, polifenol, glikosida cucurbitacin, momordicin, asam trichosanat, dan charatin.

Kandungan dalam buah pare terutama banyak dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar gula darah. Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca pemaparan akan khasiat buah pare berikut ini.

Khasiat buah pare yang pertama ialah untuk menambah nafsu makan. Dengan mengonsumsi buah pare, fungsi pencernaan pada lambung kamu akan meningkat sehingga pengasupnya bisa makan dengan lahap. Hal ini terjadi dikarenakan buah pare memiliki kandungan asam trichosana dan momordicin.

Khasiat Buah Pare untuk Kesehatan

Selain menambah nafsu makan seseorang, buah pare juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit diabetes. Buah pare memiliki sifat hipoglikemik yang kuat. Oleh karena itu, tak heran jika banyak dokter di Negara Indian yang memanfaatkan buah pare untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus.

Khasiat dari buah pare tersebut juga telah dibuktikan di Negara kita, Indonesia. Suwijyo dari pusat penelitian obat tradisional Universitas Gajah Mada telah membuktikan khasat tersebut.

Seorang penderita diabetes mellitus yang diberikan ekstrak dari buah pare selama dua minggu, menunjukkan hasil yang membaik, yaitu kadar glukosa darahnya turun secara signifikan. Diperkirakan karena senyawa sulfonylurea yang biasanya ada pada obat diabetes. Juga karena sterol glikosidanya.

Khasiat buah pare yang lainnya ialah untuk mencegah kehamilan dan membantu penderita penyakit HIV dan AIDS. Penelitian Oentoeng Soeradi dan Asmarinah (1994) dari Universitas Indonesia pada hewan coba menunjukkan, hewan yang diberi pare spermatozoid-nya mati terbunuh.

Atas dasar inilah, orang beranggapan pare yang rasanya pahit ini bisa mencegah kehamilan. Selain itu, buah pare juga disebut-sebut bisa membantu untuk menyembuhakn dan membantu melawan penyakit AIDS.

Khasiat Buah Pare untuk Kesehatan

Penelitian di AS menemukan senyawa sejenis protein alpha-momocharin atau MAP 30 yang dapat menghambat pembiakan HIV penyebab AIDS. Penelitian ini diterapkan pada pasien AIDS. Mereka diberi ekstrak pare selama 3 bulan tingkat kekebalan tubuhnya meningkat.

Selain beberapa khasiat buah pare untuk kesehatan yang telah dipaparkan di atas, tentu saja masih banyak lagi khasiat buah pare yang belum kita ketahui. Misalnya saja untuk menurunkan demam, mengatasi gangguan liver dan juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit cacing.

Tak aneh jika sejak zaman nenek moyang kita buah pare sudah digunakan. Namun, sebaiknya buah pare tidak diberikan pada anak karena dapat menurunkan kadar gula mereka. Mereka yang cenderung kadar gula darahnya rendah juga dilarang mengonsumsinya. Begitu juga para ibu hamil karena dikhawatirkan akan mengalami keguguran.