Khasiat dan Manfaat Daun Dewa untuk Mengobati Kanker dan Tumor

SETENGAHBAYA.INFO – Daun dewa atau tanaman Sambung Nyawa adalah salah satu jenis tanaman yang sudah tidak asling lagi di telinga masyarakat, khususnya di Indonesia. Tanaman ini memiliki nama latin Gynura Segetum.

Daun Dewa atau Sambung Nyawa

Daun dewa dikenal sangat mujarab apabila digunakan untuk pengobatan. Tanaman ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat dikarenakan khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Adapun bagian dari tanaman dewa yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan adalah bagian daun dan umbinya.

Daun dari tanaman Dewa bersifat tunggal, bertangkai dan memiliki bentuk bulat telur. Namun, ada juga yang berbentuk bulat memanjang.

Daun dari tanaman tersebut memiliki ujung yang lancip. Adapun panjang dari tanaman tersebut berkisar antara 8-20 cm dengan lebar 5-10 cm.

Tinggi dari tanaman tersebut rata-rata mencapai  sekitar 50 cm. batang dari tanaman tersebut memiliki cabang yang banyak dan berwarna hijau.

Bila umur tanaman tersebut semakin tua, maka cabang yang dihasilkan oleh batang tersebut akan bertambah banyak. Ketika tumbuh, batang dari tanaman daun dewa akan tumbuh lebih rimbun pada bagian bawahnya dibandingkan dengan bagian ujung batangnya.

Daunnya memilki bentuk yang cukup unik. Dengan gerigi yang berada di sekeliling pinggir daun tersebut.

Daun dewa sendiri sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit berat. Salah satunya adalah untuk mengobati penyakit kanker dan tumor.

Efek Farmakologis Daun Dewa

Tanaman daun dewa memiliki efek farmakologis. Dengan efek yang dimiliknya, daun dewa dipercaya bisa melancarkan peredaran darah, mengatasi luka memar, peradangan dan pembengkakan yang terjadi.

Daun Dewa atau Sambung Nyawa

Selain itu, daun Dewa juga bisa membantu menghentikan perdarahan, menurunkan panas, antinyeri, menurunkan kolesterol jahat, menghilangkan kutil, mengatasi gangguan ginjal, melawan serangan bakteri dan virus, menetralkan racun dalam tubuh, bahkan tumor dan kanker bisa diatasinya.

Selain memiliki efek farmakologis, tanaman daun dewa juga memilki senyawa aktif seperti monoterpen, flavonoid, dan seskuiterpen lakton. Senyawa-senyawa tersebut dipercaya memiliki peran penting dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel tumor dan kanker di dalam tubuh.

Tak hanya menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker, daun dewa juga dipercaya dapat mengobati penyakit kanker karena sifat farmakologisnya. Dengan menggunakan daun dewa, rasa sakit yang dialami oleh penderita kanker akan berkurang.

Rasa nyeri dan peradangan yang diakibatkan oleh tumor dan kanker yang berada dalam tubuh akan ditekan oleh sifat farmakologis tersebut sehingga rasa sakit yang diderita pun menjadi berkurang.

Cara Membuat Ramuan Antikanker dan Antitumor dari Daun Dewa

Bagaimana cara membuat ramuan antikanker dan antitumor dengan menggunakan daun dewa? Ternyata caranya bisa dibilang cukup mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut dalam pembuatannya.

Pertama-tama yang harus kamu siapkan adalah daun dewa segar sebanyak 15-20 gram. Kemudian rebus daun tersebut dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih.

Ketika sudah mendidih, tunggu air terebut hingga berkurang setengahnya, yaitu tinggal 1, 5 gelas. Setelah dirasa sudah setengahnya, maka saring air rebusan tersebut kemudian dinginkan.

Setelah dingin, ramuan daun dewa tersebut bisa kamu konsumsi dengan dosis 2 kali sehari. Pengobatan dengan daun dewa harus dilakukan secara konsisten agar memiliki hasil yang lebh maksimal.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sifat pengobatan dengan menggunakan metode herbal tidak secepat pengobatan dengan mengguankan obat-obatan kimia. Karena itu, dibutuhkan kesabaran dan keuletan dalam pengobatan menggunakan daun Dewa ini.