Makanan Untuk Perlindungan Mata

Makanan Untuk Perlindungan MataMata merupakan salah satu indera yang sangat kita butuhkan. Tanpa mata, kita idak dapat melakukan pekerjaan dan berbagai kegiatan secara maksimal. Untuk itu, upaya maksimal dalam menjaga mata perlu kita lakukan. Diantaranya adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A. Wortel terkenal sebagai sayuran berhasiat untuk melindungi penglihatan. Padahal dalam banyak studi diketahui bahwa untuk melindungi mata diperlukan berbagai jenis nutrien. Ada berbagai bahan makanan sebagai sumber vitamin A yaitu daun katuk, wortel rebus, Andaliman, Lamtoro Gung, Tempe lamtoro Gung, daun singkong rebus, tepung ikan, ikan belida, telur, tepung teri, belut dan jagung.

Berikut contoh makanan buah yang mengandung tiga nutrien utama:

– Kuning Telur
Kuning telur kaya akan lutein, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat mengurangi risiko berkembangnya katarak. Sumber makanan lain yang juga kaya lutein antara lain brokoli, brussels sprout dan buah kiwi.

Loading...

– Jagung
Jagung mengandung berbagai macam zat-zat terbaik, seperti zeaxanthin yaitu zat yang dapat membantu mencegah terjadinya age-related macular degeneration (masalah penglihatan yang terjadi berkaitan dengan usia menua, yaitu kehilangan penglihatan pada orang-orang lanjut usia). Antioksidan ini juga ditemukan dalam buah jeruk.

– Mangga
Mangga diketahui mengandung beta karoten yang oleh tubuh kita diubah menjadi vitamin A seperti yang dibutuhkan. Vitamin A membantu mencegah rabun senja. Paprika merah juga banyak mengandung karotenoid yang sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Monitor

Terlalu lama di depan layar monitor tetap saja dapat mempengaruhi kesehatan, seperti mata lelah, nyeri punggung, bahu dan leher. Berikut beberapa tips mengatasi kelelahan dan ketegangan mata di saat bekerja di depan monitor. Mudah-mudahan kita bisa menjaga karunia mata yangtetap, meski harus bekerja berjam-jam.

Berikut tips menjaga mata di depan monitor

1. Bekerjalah dalam ruangan dengan cukup cahaya
Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja anda. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari anda menatap cahayanya secara langsung. Sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan anda cukup terang agarmata anda tidak bekerja terllau keras.

2. Periksa monitor anda
Periksa apakah monitor anda masih bekerja dengan baik? Bandingkan dengan monitor lain. Bila gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip atau tidak nyaman bagi mata anda, maka sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor itu. Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata anda terganggu. Sering-seringlah membersihkan monitor dari debu dan kotoranyang mengganggu layar.

3. Gunalan filter monitor
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Berbicaralah pada vendor perlengkapan komputer anda untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangipengaruh radiasi, bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.

4. Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca.
Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Ini agar anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor.

5. Perhatikan posisi monitor.
Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata anda, juga menjaga agar bahu dan leher anda cukupnyaman bekerja.

6. Istirahatkan mata anda.
Relakskan mata anda. Pejamkan atau kerjap-kerjapkan. Jangan kucek-kucek mata anda. Namun, sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah dan sejuk. Bila anda terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan anda ke arah yang jauh. Lakukan iniselama beberapa menit setiap 30 menit.