Makanan Alami Untuk Rambut

Makanan Alami Untuk RambutAnda mungkin merasa cukup dengan nutrisi rambut saja berupa hampoo dan conditioner. Namun anda bisa mendapatkn nutrisi terbaik dari makanan alami yang setiap hari anda konsumsi. konsumsilah makanan yang bisa bikin rambut makin sehat.

Ada beberapa makanan yang bisa bikin rambut sehat.

1. Salmon
Jenis makanan yang satu ini kaya akan asam lemak omega 3, yang juga merupakan sumber protein dengan kualitas tinggi, selain juga mengandung vitamin B12 dan zat besi.  Asam  lemak essensial omega 3 dibutuhkan untuk memperkuat kulit kepala. Kekurangan zat ini menyebabkan kulit kepala kering dan rambut mudah rontok.

2. Sayuran Hijau Tua
Semacam sayur bayam, brokoli dan Swiss chard adalah sumber penting vitamin A dan C.  Tubuh Anda membutuhknny guna memproduksi sebum, sejenis minyak yang dihasilkan folikl rambut Anda yang juga merupakan conditioner alami bagi rambut Anda.

3.  Kacang-kacangan
Mengonsumsi kacang merah, kacang polong atau pun kacang lentil ternyata penting artinya bagi kesehatan rambut. Kacang tak hanya menyediakan protein yang merangsang pertumbuhan rambut namun juga kaya akan zat besi, seng, dan biotin.  Untuk mendapatkan manfaat nyata, ahli diet Amerika  merekomendasikan tiga cangkir lebih kacang lentil setiap minggu.

4. Daging Unggas
Daging ayam dan kalkun ternyata memiliki protein yang berkualitas tinggi yang dapat membuat rambut Anda menjadi lebih sehat.  Daging unggas juga mengandung zat besidengn kadar bioavailabiltas yang tinggi, yang berarti tubuh akan dengan mudah menyerap manfaatnya.

5. Telur
Telur adalah salah satu sumber protein terbaik yang bisa Anda temukan.  Telur juga mengandung biotin dan vitamin B12  yang sangat penting sebagai nutrisi kecantikan.

6. Gandum Berserat Tinggi
Biasakan Anda memakan produk gandum yang menyehatkan termasuk roti atau sereal karena makanan ini banyak mengandung sseng, zat besi dan vitamin B.

7. Produk Susu Rendah Kadar Lemak
Produk-produk susu berkadar lemak rendah seperti susu kim atau yoghurt adalah sumber penting kalsium, salah satu mineral yang berguna bagi rambut.  Makanan ini juga mengandung kasein dan whey, dua protein berkualitas tinggi.

8. Wortel
Jenis sayuran ini kaya akan vitamin A, yang  dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit kepala bersama dengan penglihatan.  Sejak sehatnya kulit kepala merupakan faktor penting bagi rambut yang berkilau, ada baiknya Anda untuk selalu menambahkan wortel dalam menu diet Anda atau sebagai  tambahan dalam hidangan salad.

Bawang Merah Suburkan Rambut

Bawang Merah Suburkan RambutSebagian besar orang menggunakan bawang merah untuk memasak. Akan tetapi,selain menambah rasa makanan, jenis sayuran satu ini juga memberikan manfaat sehat bagi penggunanya. Pada faktanya, bawang merah mempunyai kandungan terapeutik, antibakteri, antijamur serta berbagai komponen sehat lainnya.

Berikut beberapa manfaat  bawang merah:

Suburkan Rambut.
Sebuah studi menemukan, mengoleskan jus bawang merah ke kulit kepala 2 kali seminggu selama 2 bulan akan merangsang pertumbuhan rambut. Cara ini tentunya jauh lebih murah dibandingkan tonik rambut.

Turunkan Kadar Gula Darah.
Konsumsi bawang merah secara teratur telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Kedua hal ini membantu mencegah pembentukan plak di pembuluh darah, mencegah penyakit jantung dan diabetes, serta mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Manfaat ini dinyatakan berasal dari komponen sulfur, chromium dan vitamin B6, yang membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar homocysteine.

Mendukung Kesehatan Usus.
Mengkonsumsi bawang merah secara teratur (paling tidak 2-3 kali seminggu) dinyatakan bisa mengurangi risiko kanker kolon. Bawang merah mengandung sejumlah flavonoid (yang paling sering diteliti adalah quercitin) yang telah terbukti menghambat pertumbuhan  tumor pada hewan dan melindungi sel-sel kolon dari kerusakan akibat substansi pemicu kanker.

Tingkatkan Kesehatan Tulang.
Susu bukan satu-satunya makanan yang berfungsi memperbaiki kesehatan tulang. Bawang merah juga dinyatakan bisa mempertahankan kesehatan tulang , khususnya bagi perempuan yang berisiko mengalami osteoporosis ketika memasuki masa menopause.