Saluran Liur Tersumbat

Saluran Liur TersumbatSaluran Liur TersumbatBatu saluran ludah adalah jenis gangguan kelenjar ludah. Selama makan, air liur (ludah) yang dihasilkan kelenjar ludah di dalam mulut. Bahan kimia dalam air liur dapat mengkristal menjadi sebuah batu yang dapat memblokir saluran air liur. Ketika air liur tidak dapat keluar dari saluran yang diblokir, menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan kelenjar. Kelenjar submandibular, di bagian belakang mulut di kedua sisi rahang, bisanya yang paling sering tersumbat.

Gejalanya
– Pembengkakan pada wajah atau leher
– Sakit di wajah atau mulut
– Mulut kering

Perawatan
Tujuannya adalah untuk menghilangkan batu. Penyedia perawatan kesehatan atau dokter gigi mungkin dapat mendorong batu keluar dari saluran. Dalam beberapa kasus, batu mungkin perlu dipotong melalui pembedahan.

Gangguan Kelenjar Ludah

Gangguan kelenjar ludah merujuk pada kondisi yang menyebabkan pembengkakan atau nyeri pada jaringan yang memproduksi air liur di sekitar mulut. Air liur juga mengandung enzim-enzim yang memulai dan memudahkan proses pencernaan. Fungsi lain dari air liur adalah memberbersihkan mulut dari bakteri dan membasuh partikel makanan.

Gejala
Pada gangguan kelenjar air liur seringkali ditemukan gejala seperti pembengkakan pada wajah, pembengkakan pada telinga, sakit di wajah, kesulitan membuka mulut, dan mulut kering.

Perawatan
Gangguan kelenjar air liur dapat dicegah sekaligus dirawat dengan banyak mengkonsumsi seperti misalnya permen asam. Selain itu dengan pijat kelenjar liur yang dapat meningkatkan aliran dan membantu mencegah infeksi.