Bintik-bintik Hitam Pada Kulit

Bintik-bintik Hitam Pada KulitBintik-bintik hitam pada kulit merupakan fenomena umum pada orang berusia lanjut. Meskipun bintik tersebut terjadi pada orang dengan usia lebih dari 40 tahun, bintik juga dapat mempengaruhi orang-orang muda. Bintik tersebut bervariasi dalam ukuran dan biasanya muncul pada wajah, tangan, bahu dan lengan–daerah yang paling mudah terkena sinar matahari. Bintik-bintik penuaan sejati tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan, tetapi mereka dapat terlihat seperti pertumbuhan kanker. Untuk alasan kosmetik, bintik-bintik penuaan dapat diringankan dengan produk pemutih kulit atau dihilangkan. Menghindari sinar matahari dan menggunakan tabir surya merupakan cara termudah untuk menjaga penampilan kulit tetap muda dan untuk menghindari bintik-bintik kulit.

Cahaya ultraviolet mempercepat produksi melanin. Melanin merupakan pigmen gelap di epidermis kulit Anda yang memberikan warna normal. Ekstra melanin – dibuat untuk melindungi lapisan dalam kulit–menciptakan warna yang lebih cokelat gelap. Umur bintik-bintik berkembang ketika melanin tambahan “mengelompok” atau dihasilkan dalam konsentrasi yang lebih tinggi dari biasanya. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi bintik-bintik gelap. Bintik-bintik tersebut biasanya berkembang sangat lambat dari waktu ke waktu. Selain sinar matahari, usia sangat berpengaruh terhadap pembentukan bintik-bintik tersebut. Genetika juga berperan dalam mempengaruhi perkembangan bintik-bintik.

Beberapa hal lain yang  sebaiknya juga dilakukan untuk menjaga kulit yang sehat.

1. Konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Hindari junk food, khususnya pada anak-anak karena dampak jangka panjangnya tidak bagus untuk kesehatan kulit.
2. Jaga kesehatan psikis supaya tidak stres atau depresi. Biasakan untuk berpikir positif.
3. Usahakan untuk selalu mendapat istirahat cukup, minimal tidur enam jam sehari.
4. Lakukan perawatan kulit secara teratur, misalnya dengan pembersih muka setiap hari, atau memakai sunblok setiap kali hendak beraktivitas di luar rumah. Pemakaian baju yang tepat juga menjaga agar kulit terhindar dari paparan sinar matahari. Misalnya baju lengan panjang jika Anda harus terpapar sinar matahari.
5. Hindari menggunakan produk kosmetik yang tidak jelas kandungannya, apalagi kosmetik yang dijual door to door yang belakangan semakin marak. Jika kurang yakin, urungkan niat untuk membeli atau ada baiknya menghubungi dokter untuk memastikan bahwa produk kosmetik yang Anda pakai aman.
6. Minum cukup air putih, minimal 8 gelas (2 liter) per hari. Bagi mereka yang memiliki berat badan lebih besar, konsumsi air putih sebaiknya juga ditambah, misalnya hingga 3 liter per hari.
7. Hindari konsumsi kopi, rokok atau alkohol, dan perbanyak konsumsi buah-buahan.

Gejala
Terdapat bintik coklat, hitam, atau abu-abu. Tanda-tanda lain termasuk kerutan, kulit kasar.

Perawatan
Tujuan perawatan adalah meringankan gejala atau menghapusnya. Beberapa cara perawatan termsuk menggunakan obat-obatan, terapi laser, pembekuan dan dermabrasi.

Bintik-bintik Merah dikulit (Keratosis Pilaris)

Bintik-bintik Merah dikulit (Keratosis Pilaris)Keratosis pilaris sangat umum terjadi pada kulit terutama di lengan atas dan paha muncul bintik-bintik. Penyakit ini biasa menyerang orang dengan jenis kulit yang kering.

Tanda dan Gejala
Kulit akan tampak kemerah-merahan. Lokasi yang paling umum untuk Keratosis pilaris meliputi: punggung dari lengan atas, bagian depan paha, pantat, dan pada kulit anak-anak.

Perawatan
Banyak Keratosis Pilaris membaik seiring waktu. Namun, umumnya dianggap sebagai kondisi kulit kronis. Perawatan ditujukan untuk mengendalikan bintik-bintik yang kasar. Keratosis pilaris akan kembali muncul jika terapi dihentikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>