Kekurangan Cairan Tubuh

Kekurangan Cairan TubuhBeberapa mekanisme bekerja sama untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh. Salah satu yang terpenting adalah mekanisme haus. Jika tubuh memerlukan lebih banyak air, maka pusat saraf di otak dirangsang sehingga timbul rasa haus. Rasa haus akan bertambah kuat jika kebutuhan tubuh akan air meningkat, mendorong seseorang untuk minum dan memenuhi kebutuhannya akan cairan.

Dalam kondisi normal, 75 persen tubuh terdiri atas air. Dehidrasi terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup suplai cairan atau air. Dehidrasi dapat disebabkan mengeluarkan banyak cairan, tidak cukup minum, atau keduanya. Muntah dan diare juga bisa menyebabkan dehidrasi. Selain itu, keringat yang berlebihan pun bisa mengakibatkan dehidrasi.

Penyebabnya
Dehidrasi terjadi bila pengeluaran cairan tubuh lebih besar dibandingkan asupannya. Kekurangan cairan biasanya menyebabkan kadar kalsium dalam darah meningkat.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi: Muntah
- Diare
- Penggunaan diuretik (obat yang menyebabkan ginjal mengeluarkan sejumlah besar air dan garam)
- Panas yang berlebihan
- Demam
- Berkurangnya asupan cairan karena berbagai alasan.

Gejala dan Tanda
Gejala dari dehidrasi antara lain mulut kering, mata berhenti menghasilkan air mata, kejang otot, mual dan muntah.

Perawatan
Minum secukup mungkin. Jika dehidrasi karena diare, maka diare harus disembuhkan.


Topik Terkait:
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>