Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung KoronerPenyebab  Penyakit Jantung Koroner ini disebabkan penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner), dan hal ini lama kelamaan diikuti berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, perkapuran, pembekuan darah, dll. Penumpukan akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut.

Akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius, dari Angina Pectoris (nyeri dada) sampai Infark Jantung. Masyarakat mengenalnya sebagai serangan jantung. Serangan ini dapat menyebabkan kematian mendadak. Beberapa penyebab penyakit ini antara lain, kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi, kadar Kolesterol HDL rendah, hipertensi, merokok, Diabetes Mellitus, obesitas, riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga, kurang olah raga, dan stress.

Gejalanya
Penderita merasa nyeri di dada, lemas mendadak atau pingsan. Jika tidak ditangani medis secepat mungkin dapat menyebabkan kematian.

Pencegahan
Menghindari makanan berlemak sejak dini serta sering-seringlah berolahraga.

Penyebab Lemah Jantung

Lemah jantung adalah keadaan bila jantung tidak bisa memompa jumlah darah yang cukup ke anggota badan. Penyebab dari penyakit ini antara lain; fungsi jantung rusak, darah tinggi, anemia, kelemahan pengisian jantung, gangguan degupan jantung.

Gejalanya
Tanda-tanda dari pengidap penyakit ini antara lain; keletihan, pembesaran hati dan jantung, sembab, perut membesar.

Pengobatan
Jantung lemah dapat disembuhkan dengan cara; mengurangi aktivitas fisikal, mengurangi garam.