Masalah Kesulitan Memulai Kencing

Masalah Kesulitan Memulai KencingMasalah kesulitan memulai kencing dialami segala usia, baik pada pria maupun wanita. Namun, pria usia lanjut dengan pembesaran kelenjar prostat paling sering mengalami masalah ini. Penyebab masalah ini ada beberapa macam, pembesar prostat, infeksi saluran kemih, prostatitis, obat-obatan, atau gangguan neourologis.

Tanda
Susah untuk memulai kencing, biasanya lebih dari 2 menit.

Perawatan
Minum banyak cairan membantu mengatasi masalah ini. Pijat pelan di sekitar kandung kemih dapat juga membantu melancarkan kencing.

Kencing Sakit

Rasa sakit ketika berkemih dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Penyakit menular seksual, gangguan pada kandung kemih, batu kandung, infeksi ginjal, batu ginjal. prostatis, vaginitis atau masalah pada uretra merupakan beberapa contoh penyebab rasa sakit tersebut.

Gejalanya
Nyeri atau rasa terbakar saat berkemih.

Perawatan
Perawatan disesuaikan dengan penyebab penyakit. Jika masalah infeksi pada saluran kemih, maka obat yang diberikan dokter biasanya berupa antibiotik. Jika gangguan rasa sakit saat berkemih tersebut karena masalah penyakit menular seksual maka membutuhkan penanganan khusus.

Kencing Nanah (Gonore)

Kencing nanah adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum dan tenggorokan atau bagian putih mata. Gonore bisa menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita, gonore bisa naik ke saluran kelamin dan menginfeksi selaput di dalam panggul sehingga timbul nyeri panggul dan gangguan reproduksi. Penyebab utama penyakit ini adalah bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Gejalanya
Gejala pada penderita pria biasanya timbul dalam waktu 2-7 hari setelah terinfeksi. Mulanya penderita tidak enak pada uretra, yang beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri ketika berkemih dan keluarnya nanah dari penis. Penderita sering berkemih dan merasakan desakan untuk berkemih, yang semakin memburuk ketika penyakit ini menyebar ke uretra bagian atas. Lubang penis tampak merah dan membengkak.

Pada penderita wanita, gejala awal bisa timbul dalam waktu 7-21 hari setelah terinfeksi. Penderita wanita seringkali tidak menunjukkan gejala selama beberapa minggu atau bulan, dan diketahui menderita penyakit ini hanya setelah mitra seksualnya tertular. Jika timbul gejala, biasanya bersifat ringan. Tetapi beberapa penderita menunjukkan gejala yang berat, seperti desakan untuk berkemih, nyeri ketika berkemih, keluarnya cairan dari vagina dan demam.

Pengobatan
Pengobatan gonore biasanya dengan suntikan tunggal seftriakson intramuskuler (melalui otot) atau dengan pemberian antibiotik per-oral (melalui mulut) selama 1 minggu (biasanya diberikan doksisiklin). Jika gonore telah menyebar melalui aliran darah, biasanya penderita dirawat di rumah sakit dan mendapatkan antibiotik intravena.


Topik Terkait:
, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>