Kelelahan

KelelahanKelelahan adalah keluhan yang umum terjadi. Kelelahan berbeda dengan mengantuk, kelelahan lebih pada fenomena kekurangan energi. Ada beberapa penyebab kelelahan: kurang tidur, terlalu banyak tidur, perubahan jam kerja (shift kerja), alkohol, gagal jantung, asma, kurang gizi, rendah kalium, magnesium, kalsium dan rendah natrium, stres, depresi, tekanan darah rendah, dan anemia.

Gejala
Kelemahan, kekurangan energi, pusing, vertigo, dan kadang ada yang mengalami sesak napas.

Pengobatan
Pengobatan disesuaikan dengan penyebab. Jika penyebab kelelahan adalah anemia, maka bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi suplemen zat besi. Obat lain adalah vitamin dan antibiotik. Terutama sekali kelelahan bisa dicegah dengan mengatur pola hidup yang berimbang antara makanan, olahraga, dan kerja.

Penyebab Kelelahan

Terhadap kesehatan jangan main-main. Malas bangun pagi, kerja bahkan malas bergerak pasti ada sebabnya. Mungkin Anda pikir itu semua karena stres, kurang tidur atau anemia? Tapi jangan salah, Anda mungkin terkejut dengan penyebab kelelahan lainnya berikut ini.kurang tidur adalah faktor yang menyebabkan kelelahan dan mengantuk. Namun sebenarnya banyak faktor lainnya yang menyababkan tubuh Anda terasa begitu lelah, sering menguap dan merasa selalu ngantuk.

Ada beberapa hal selain kurang tidur yang membuat Anda merasa lelah dan tidak bergairah beraktivitas, sebagai berikut:

1. Infeksi Urin
Pada beberapa kasus, lelah merupakan tanda adanya infeksi air kencing atau istilahnya urinary tract infection (UTI). Jika Anda merasa agak sakit dan perih sewaktu kencing, sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan ikuti tes UTI.

2. Pengaruh Diet
Ketika Anda tidak cukup mengonsumsi makanan, Anda akan mudah lelah. Asupan kalori dari makanan adalah energi untuk tubuh. Jadi jangan sepelekan makanan mentang-mentang Anda sedang diet, karena bisa-bisa Anda jatuh pingsan.

3. Alergi Makanan
Sebagian dokter percaya bahwa kelelahan adalah tanda adanya alergi makanan tertentu yang belum diketahui dan tersembunyi. Perhatikan dan ingat-ingat selalu apa yang Anda makan sebelumnya ketika alergi datang menyerang.

4. Kelebihan Kafein
Biasanya seseorang akan minum kopi atau minuman berkafein lainnya untuk tetap terjaga dan stamina tetap on. Namun para peneliti menyebutkan bahwa kafein justru memicu kelelahan, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Semakin banyak kafein, semakin berat kerja organ dalam tubuh untuk membuat organ lainnya tetap aktif, yang hasilnya akan menyebabkan kelelahan organ dan mempengaruhi aktivitas tubuh.

5. Masalah Tiroid
Kelelahan juga merupakan tanda adanya gangguan tiroid yang disebut hypothyroidism. Kabar baiknya, gangguan ini bisa diobati dengan mengonsumsi pil tiroid. Para ahli menganjurkan agar tiap orang, terutama wanita untuk mengecek level kelenjar tiroidnya setiap beberapa tahun.

6. Dengkuran Pasangan
Memiliki pasangan yang punya kebiasaan mendengkur juga merupakan satu penyebab kelelahan bahkan insomnia. Konsultasikanlah dengan dokter untuk mengatasinya.