Pertolongan Pertama Saat Tersedak

Pertolongan Pertama Saat TersedakTersedak menyebabkan tersumbatnya saluran pernafasan di sekitar tenggorokan (laring) atau saluran pernafasan (trakea). Aliran udara menuju paru-paru pun terhambat sehingga aliran darah yang menuju otak dan organ tubuh lain terputus. Indikasi orang Tersedak  adalah korban tidak mampu berbicara, jatuh pingsan atau mengeluarkan suara-suara aneh dengan usaha keras, wajahnya berubah menjadi biru, keabu-abuan atau keunguan. Untuk itu perlu tindakan efektif untuk menyelamatkan.

Berikut langkah-langkah Heimlich:

1. Berdiri di belakang orang tersedak, lingkarkan tangan Anda di pinggangnya. Sedikit bungkukkan dia.
2. Kepalkan salah satu tangan Anda dan taruh di atas pusar korban.
3. Genggam erat kepalan tangan dangan tangan lain dan tekan kuat-kuat ke arah perut, seolah-olah mengangkat dari lantai.
4. Ulangi sampai makanan atau sumbatan lain keluar.

Cara Sederhana lain
Yaitu dengan memasukkan jari hingga ke belakang tenggorokan, raih dan gorok benda penyumbat keluar. Namun hati-hati jangan sampai sumbatan makin masuk ke dalam.
Melihat kenyataan di atas, memang sangat wajar jika tersedak mudah terjadi pada anak-anak. Bagaimana kalau tersedak itu terjadi pada orang dewasa? Tak jarang ini dikaitkan dengan keadaan dimana ada orang lain yang sedang membicarakan si tersedak.

Loading...