Minuman Olahraga Dapat Merusak Gigi

Minuman Olahraga Dapat Merusak GigiPerhatian bagi olahragawan dan olahragawati bahwa minuman olahraga yang banyak dijual memang terlihat lebih menyehatkan dibandingkan dengan minuman bersoda. Tapi penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa minuman olahraga yang mengandung asam sitrat bisa merusak gigi. sebagai simulasi bagi orang yang suka meminum minuman olahraga sepanjang hari. Ternyata lapisan enamel gigi sebagian sudah hilang. Hal ini karena minuman olahraga tersebut bocor hingga ke lapisan bawah enamel, sehingga menyebabkan gigi menjadi lunak dan lemah. Kondisi ini disebut dengan erosi gigi yang bisa mengakibatkan kerusakan dan mudah lepasnya gigi jika tidak segera diobati.

Ini adalah pertama kalinya asam sitrat yang terkandung dalam minuman olahraga dikaitkan dengan erosi gigi. menggosok gigi sesudah mengonsumsi minuman olahraga tidak akan membantu, tapi kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan semakin parah. Hal ini karena lapisan enamel gigi menjadi lunak setelah mengonsumsi minuman olahraga, sehingga lebih mudah mengalami abrasi oleh pasta gigi. Untuk mencegah erosi pada gigi, sebaiknya mengonsumsi minuman olahraga secara wajar dan tidak berlebihan. Serta tunggu minimal 30 menit sebelum menggosok gigi, agar lapisan enamel gigi sudah lebih keras. Jika Anda termasuk orang yang sering mengonsumsi minuman olahraga, mintalah dokter untuk memberikan penetral asam dan menggunakan pasta gigi yang bisa membantu menguatkan kembali enamel yang lunak tersebut.

Softdrink Bisa Merusak Gigi

Minuman ringan Softdrink dan minuman enargi menjadi pelapas dahaga yang pas selepas beraktivitas atau setelah berolahraga. Bisa juga jadi pelengkap saat kongkow bersama temen-teman. Tapi hati-hati, menurut para peneliti dari Academy of General Dentistry’s Amerika Serikat terlalu sering mengkomsumsi minuman ringan dan minuman berenergi bisa merusak gigi.

Hasil penelitian yang dimuat jurnal General Dentistry ini menyebutkan minuman ringan tidak hanya memiliki tingkat keasaman (pH) yang dapat merusak gigi, namun tingkat buffering atau kemampuan minuman dalam menetralisir asam juga dapat menimbulkan efek negatif pada gigi dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada enamel gigi.

Para peneliti melakukan uji coba keasaman pada sekitar lima jenis kategori minuman yang paling popular di AS, terutama di kalangan remaja dan orang dewasa. Mereka menemukan pasien yang mengalami tanggalnya gigi pada usia 20-an. Dari sini terungkap gigi para penggemar minuman ini menjadi sangat rentan terhadap serangan asam yang terdapat dalam minuman. Alhasil, kualitas gigi mereka pun menjadi buruk dan dapat berujung pada tanggalnya gigi. “Mereka banyak sekali menenggak soda, minuman olahraga dan minuman energi. Akibatnya, jika tidak ditangani serius sejak dini, dapat berujung pada problem gigi yang parah dan membutuhkan rehabilitasi mulut untuk memperbaikinya.

Berikut beberapa tips bagi kesehatan mulut :

– Gunakan sedotan yang ditempatkan di bagian belakang atau dalam mulut sehingga mencegah adanya kontak cairan dengan gigi.
– Kumurlah mulut dengan air bersih setelah mengonsumsi minumman berasam
– Batasilah asupan sejumlah minuman ringan yang mengandugn soda, minuman energi atau minuman olahraga.

Loading...