Penyakit Rematik

Penyakit RematikBahwa sering mandi malam di usia muda, makan kangkung dan bayam, semua rematik disebabkan oleh asam urat, penyakit rematik diderita lansia, rematik penyakit keturunan, itu adalah mitos. Penelitian kedokteran tidak menemukan fakta ilmiah apapun berkaitan dengan hal-hal tersebut. Rematik menurut kedokteran adalah penyakit yang menyerang persendian atau jaringan penunjang di sekitar sendi.

Penyebab rematik salah satunya adalah masalah kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan persendian. Hal ini mengakibatkan tulang rawan di sekitar sendi menipis dan membentuk tulang baru. Pada saat tubuh digerakkan, tulang-tulang di persendian bersinggungan sehingga memicu rasa nyeri.

Gejala
Gejala dari rematik antara lain; nyeri persendian setelah beraktivitas, nyeri pada saat cuaca berubah dari panas ke dingin, opperadangan dan hiangnya fleksibilitas sendir, sendi terlihat kemerahan dan terasa panas, sendi kaku di pagi hari, sendi bengkak, gerak terbatas, nyeri persendian.

Pengobatan
Pengobatan pada penderita rematik secara umum ditujukan untuk menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri, menghilangkan gejala inflamasi (peradangan), dan mencegah terjadinya deformitas (perubahan bentuk) dan memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik.