Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim (Serviks) Sering Derita di Indonesia

Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim (Serviks)Kanker merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan, baik di dunia maupun di Indonesia. Diperkirakan tiap tahunnya 12 juta orang terkena kanker. Kanker payudara menempati urutan pertama pada pasien rawat inap di seluruh rumah sakit di Indonesia (16,85 persen), disusul kanker serviks (11,78 persen). Sementara pasien kanker paru mencapai 5,8 persen dari seluruh kanker yang ada.

Kanker payudara memiliki tanda berupa benjolan atau penebalan di dalam payudara. Kanker ini paling sering terjadi pada perempuan berusia di atas 50 tahun, tidak pernah menyusui, dan kegemukan. Sementara itu, kanker leher rahim biasanya dihubungkan dengan adanya herpes genital yang disebabkan oleh virus human paliloma virus (HPV). Untuk menekan angka kejadian dua jenis kanker tersebut, Kementerian Kesehatan akan menggalakkan program pencegahan atau skrining berbiaya murah di daerah-daerah yang prevalensi penyakitnya tinggi sehingga luas cakupannya nasional.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>